Bulan Muharram adalah bulan pertama pada penanggalan Hijriah. Kata Muharram bermakna ‘yang dimuliakan’. Pada kalender hijriah perhitungan bulan berdasarkan peredaran bulan (qamariah). Sehingga awal hari dimulai pada waktu matahari terbenam atau masuk pada waktu magrib.

Penanggalan hijriah atau disebut juga Al Sanah Al Hijriah mulai berlaku pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Walaupun peristiwa hijrah terjadi pada zaman rasulullah.

Salah seorang Imam dari kalangan Tabiin, yaitu Hasan Al Basri mengatakan, “Sesungguhnya Allah SWT membuka awal tahun dengan bulan Haram (suci) dan menutup akhir tahun dengan bulan haram pula. Tidak ada bulan yang lebih agung di sisi Allah Azza wajalla setelah Ramadhan dibandingkan bulan Muharram.”

Rasulullah bersabda berkaitan dengan bulan haram ketika sedang melaksanakan haji wada’, beliau berkata bahwa, “Sesungguhnya zaman telah berputar sebagaimana keadaannya pada hari Allah menciptakan langit dan bumi, dalam setahun ada dua belas bulan, darinya ada empat bulan haram, tiga diantaranya adalah Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram. Sedangkan Rajab adalah bulan Mudhar yang terdapat di antara Jumadats Tsaniy dan Syaban”. (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Amalan Bulan Muharram

Umat isalam dianjurkan untuk memperbanyak amal kebaikan di bulan Muharram, karena bulan ini merupakan salah satu bulan yang paling utama.

Abu Dzar ra berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW: “Malam apakah yang lebih baik dan bulan apakah yang lebih utama?” Beliau menjawab” “Sebaik-baiknya malam adalah pertengahannya. Bulan yang paling utama adalah bulan Allah yang kalian sebut Muharram.” (HR. An-Nasa’i)

Kegiatan MTs Raudlatul Falah Pada Bulan Muharram

  1. Lomba Antar Kelas
  2. Zikir dan Tahlil
  3. Pawai Obor